Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Waww!! Ternyata Ini Salah Satu UMKM Di Desa Cibogogirang

Waww!! Ternyata Ini Salah Satu UMKM Di Desa Cibogogirang

Pada Hari Kamis, 14 September 2023 kelompok 121 berkunjung ke usaha tahu dan oncom di Desa Cibogogirang.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah bagian penting dari perekonomian suatu negara. UMKM mencakup berbagai jenis usaha yang memiliki skala kecil hingga menengah, dan umumnya dikelola oleh pemiliknya sendiri atau kelompok kecil. UMKM memiliki peran yang signifikan dalam penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan pengurangan kemiskinan. UMKM memiliki beberapa ciri khas, antara lain modal yang terbatas, skala produksi yang relatif kecil, dan orientasi pasar yang umumnya lokal atau regional. Meskipun memiliki keterbatasan sumber daya, UMKM dapat memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dan kebutuhan konsumen. Keberadaan UMKM memiliki dampak positif pada ekonomi, seperti peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Namun, UMKM juga menghadapi tantangan, seperti akses terbatas terhadap pembiayaan, teknologi, dan pasar.

Pada saat berkunjung, beliau memberikan pemaparan singkat terkait dengan sejarah berdirinya, proses produksi, bahan-bahan yang digunakan, dan juga teknik pemasaran yang dilakukan. Sampai saat ini, proses produksi yang dilakukan yakni kedelai direndam selama 3 jam lalu dicuci sampai bersih. Kedelai yang sudah bersih kemudian digiling menggunakan mesin penggiling. Sesudah digiling, masuk ke tahap berikutnya yaitu proses perebusan dan diberi tambahan cuka. Dilanjut proses penyaringan kemudian didiamkan dialat cetak selama 15 menit sampai kedelai mengendap. Setelah itu, kedelai yang sudah mengendap diangkat dan didiamkan lagi. Setelah didiamkan tahu siap dipotong dan dihidangkan.

Pada proses pemasaran produk tahu ini masih menggunakan teknik konvesional yaitu dari mulut ke mulut dan menaruh produknya ke pasar serta toko sayur sehingga sama sekali belum menggunakan pemasaran digital. Sehingga dengan adanya kegiatan BKP ini praja berharap bisa meningkatkan perekonomian pelaju umkm daam pemasaran melalui aplikasi webdesaku dan dapat memberikan solusi dan inovasi terhadap permasalahan tersebut.

Diharapkan dari kegiatan BKP ini mahasiswa dapat melakukan pemberdayaan UMKM sesuai dengan program kerja yang telah dirancang sehingga dapat merasakan kebermanfaatan bagi UMKM tersebut secara berkepanjangan.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *