Praja IPDN melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja DidesaCibogogirang kecamatan plrede purwakarta, Dalam kegiatan ini praja melalui aplikasi Webdesaku membantu meningkatkan perekonomian masyarakat purwakarta, Khususnya Desa Cibogogirang.
Tujuan kegiatan bhakti karya praja ini untuk memberikan gambaran bahwa era digitalisasi dapat dimanfaatkan sebagai pangsa pasar baru serta memudahkan akses antara penjual dan calon pembeli. Praja berharap, para pelaku usaha di desa cibogogirang yang sebagian besar belum merealisasikan usahanya ke media elektronik dikarenakan belum memahami proses dan cara mengaktualisasikan media digital dapat diterapkan secara masif dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat.
Selain itu, agenda ini merupakan wadah bagi pelaku UMKM untuk mengenal lebih jauh mengenai cara melakukan branding produk, terutama warga di Cibogogirang yang dikenal sebagai penghasil kerupuk RO. hal utama upaya peningkatan penjualan hasil produksi adalah memberikan sebuah nilai yang baik pada kualitas, merek, serta kemasan sebelum produk di pasarkan kepada masyarakat luas.
Peningkatan pada elemen-elemen tersebut menjadi branding yang baik terhadap produk. Sehingga, upaya untuk meningkatkan penjualan dan ekonomi dapat terealisasikan.
pemasaran lewat aplikasi daring merupakan langkah tepat, lebih efisien, dan berdampak besar untuk membangun identitas produk. Di mana, penggunaan beragam sosial media dapat memudahkan produsen untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang dimiliki.
Senada dengan itu, branding produk perlu memperhatikan kualitas produk, penyesuaian harga, lokasi penjualan, dan strategi pemasaran. Pemilihan logo, slogan, dan kemasan telah verifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menjadi salah satu kekuatan branding yang menandakan produk siap dan layak di pasarkan ke ranah luas.
Adapun cara meningkatkan kapasitas pelaku usaha, agar dilakukan mentoring, inkubasi, dan akses relasi pangsa pasar yang tepat. Hal ini sesuai dengan karakterkistik dari masyarakat Cibogogirang, Ngampilan yang kebanyakan adalah pelaku usaha UMKM sehingga perlu adanya integralistik pada proses peningkatan kualitas serta branding UMKM.
Para praja berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan para pelaku UMKM, khususnya di desa cibogogirang dalam memperluas pasaran produknya. “Kesadaran akan pentingnya branding produk jadi target utama dalam pelatihan ini.
Tinggalkan Komentar
Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *