Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Waww!! Ternyata Ini Salah Satu UMKM Di Desa Cibogogirang

Pada Hari Kamis, 14 September 2023 kelompok 121 berkunjung ke usaha tahu dan oncom di Desa Cibogogirang. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah bagian penting dari perekonomian suatu negara. UMKM mencakup berbagai jenis usaha yang memiliki skala kecil hingga menengah, dan umumnya dikelola oleh pemiliknya sendiri atau kelompok kecil. UMKM memiliki peran yang signifikan dalam penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan pengurangan kemiskinan. UMKM memiliki beberapa ciri khas, antara lain modal yang terbatas, skala produksi yang relatif kecil, dan orientasi pasar yang umumnya lokal atau regional. Meskipun memiliki keterbatasan sumber daya, UMKM dapat memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dan kebutuhan konsumen. Keberadaan UMKM memiliki dampak positif pada ekonomi, seperti peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Namun, UMKM juga menghadapi tantangan, seperti akses terbatas terhadap pembiayaan, teknologi, dan pasar. Pada saat berkunjung, beliau memberikan pemaparan singkat terkait dengan sejarah berdirinya, proses produksi, bahan-bahan yang digunakan, dan juga teknik pemasaran yang dilakukan. Sampai saat ini, proses produksi yang dilakukan yakni kedelai direndam selama 3 jam lalu dicuci sampai bersih. Kedelai yang sudah bersih kemudian digiling menggunakan mesin penggiling. Sesudah digiling, masuk ke tahap berikutnya yaitu proses perebusan dan diberi tambahan cuka. Dilanjut proses penyaringan kemudian didiamkan dialat cetak selama 15 menit sampai kedelai mengendap. Setelah itu, kedelai yang sudah mengendap diangkat dan didiamkan lagi. Setelah didiamkan tahu siap dipotong dan dihidangkan. Pada proses pemasaran produk tahu ini masih menggunakan teknik konvesional yaitu dari mulut ke mulut dan menaruh produknya ke pasar serta toko sayur sehingga sama sekali belum menggunakan pemasaran digital. Sehingga dengan adanya kegiatan BKP ini praja berharap bisa meningkatkan perekonomian pelaju umkm daam pemasaran melalui aplikasi webdesaku dan dapat memberikan solusi dan inovasi terhadap permasalahan tersebut. Diharapkan dari kegiatan BKP ini mahasiswa dapat melakukan pemberdayaan UMKM sesuai dengan program kerja yang telah dirancang sehingga dapat merasakan kebermanfaatan bagi UMKM tersebut secara berkepanjangan.

Budidayakan Ikan Nila Pada Lahan Sempit Jadi Inovasi Praja IPDN Dalam Membantu Pembudidayaan Ikan Nila

Rabu, 13 September 2023 Praja IPDN yang melaksanakan bhakti karya praja didesa cibogogirang membantu masyarakat menjaga ketahanan pangan dan perekonomian dengan membantu budidaya Ikan Nila untuk warga setempat.  Ikan Nila ini jika sudah siap dipanen bisa dijual oleh warga masyarakat setempat bahkan dikonsumsi sendiri. Budidaya ikan nila ini dibuka untuk umum, jadi yang mengelola warga masyarakat setempat. Kami berharap warga bisa benar-benar mengelola budidaya ikan ini dengan baik dan kedepannya bisa meningkatkan perekonomian warga. Sejak pandemi Covid-19 ini warga masyarakat harus mampu berinovasi untuk mendapatkan penghasilan.  Untuk pembelian bibit ikan nila didapatkan dari warga yang memiliki pembibitan sebelumnya, sedangkan bahan pembuatan kolam sangat sederhana yang terdiri dari genteng kemudian disusun menyerupai kolam dan dilapisi oleh terpal yang disediakan oleh pihak desa Cibogogirang. kolam ikan  tidak perlu lahan yang luas, cukup di pekarangan rumah agar pemeliharaannya tetap terjaga dan terkontrol. Praja Berharap Ide kreatif mereka dapat membangkitkan semangat warga masyarakat untuk terus produktif dan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Menuju Cibogogirang Sehat dan Sejahtera!!

Selasa, 12 September 2023 telah dilaksanakan sosialisasi tentang BPJS Kesehatan oleh Tim BPJS Kesehatan yang bertempat di Aula Kantor Desa Cibogogirang. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 wib s/d selesai peserta sosialisasi dari  Perangkat Desa, warga desa cibogogirang hingga praja IPDN yang sedang melaksanakan bhakti karya praja didesa Cibogogirang yang turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini. Dalam Program BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) terdapat 3 (empat) program yaitu JHT (Jaminan Hari Tua), JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian). JKN(Program Jaminan Sosial yang diberikan negara kepada masyarakat indonesia sesuai amanah undang-undang nomor 40 tahun 2004, ) KIS (Tanda kepersataan/identitas kepesertaan untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis) dan  BPJS Kesehatan (badan penyelenggara/badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada presiden dan bertugas menyelenggarakan Program JKN).  Dan juga peserta jaminan kesehatan yaitu meliputi (Penerima bantuan iuran (PBI JK) dan bukan penerima bantuan iuran (NON PBI).  Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah yang wajib di optimalkan dan sosialisasikan kepada seluruh masyarakat tenaga kerja yang ada di Desa Cibogogirang. Dengan harapan mereka dapat menjadi lebih sejahtera dan nyaman dalam melakukan pekerjaannya, karena jika terjadi resiko akibat pekerjaan sudah dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan. melalui kegiatan ini bisa dijadikan sarana penguatan lini kerjasama saling bersinergi koordinasi antar Pemerintah Desa Cibogogirang bersama BPJS Ketenagakerjaan Klaten dalam memberikan  memberikan perlindungan kepada masyarakat agar bisa mencari solusi terkait dengan perlindungan kepada perangkat RT dan RW desa Cibogigirang.

Menilik Langsung Pembuatan Keramik Desa Cibogogirang

Minggu, 10 September 2023, Praja IPDN yang melaksanakan Bhakti Karya Praja Di Desa Cinogogirang Kec.Plered Kab.Purwakarta menilik langsung pembuatan Keramik oleh pengrajin keramik lokal didaerah setempat. Industri keramik di Indonesia dinilai punya keunggulan karena bahan baku melimpah dan ketersediaan bahan bakar gas. Hal itu mendorong pemerintah menargetkan peningkatan produksi dan penjualan keramik yang memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Telah dikenal sejak lama, kawasan Plered, Purwakarta, menjadi sentra pembuatan keramik yang unik dan memiliki ciri khas khusus. Produk kerajinan keramik di wilayah tersebut merupakan satu dari beberapa ikon kerajinan di Kabupaten Purwakarta. Lokasinya, terletak di Desa Cibogogirang Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Produk dari keramik lokal asal Purwakarta tersebut memiliki nilai fungsi dan hias, seperti cangkir, vas bunga, kendi hingga celengan serta beberapa perabot rumah tangga. Ternyata Kerajinan yang berbahan dasar dari tanah liat tersebut diminati oleh beberapa pasar di luar negeri, dan keuntungannya sangat menjanjikan Kendala utama dari berbagai industri tradisional adalah regenerasi dari para pengrajin. Biasanya industri akan mati jika tidak memiliki regenerasi dari para pembuat terdahulunya, selain itu, kendala berikutnya ialah berkenaan dengan jarangnya inovasi yang diberikan. Maka dari itu Praja IPDN khususnya yang berada di Desa Cibogogirang ikut serta dalam pembuatan keramik agar menambah pengetahuan dan keahlian serta bisa membantu mempertahankan regenerasi pengrajin keramik dan membantu inovasi dalam pembuatan keramik tersebut agar bisa terus berkembang mengikuti zaman. Mudah mudahan keramik tetap eksis dan menjadi kebanggaan Purwakarta!!

Jalin Kebersamaan!! Praja IPDN Desa Cibogogirang Bantu Warga Buat Batako

Senin, 11 September 2023 Praja IPDN yang melaksanakan bhakti karya praja di desa cibogogirang, membantu warga membuat batako yang merupakan salah satu kerajinan didesa cibogogirang. Kegiatan membantu pembuatan batako ini agar batako yang dihasilkan bisa dipasarkan lewat aplikasi sekaligus membangun komunikasi dan sosialisasi bersama warga desa.  Dalam kegiatan bhakti karya praja ini bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian kabupaten purwakarta melalui aplikasi webdesaku  Batako merupakan material bangunan yang terbuat dari campuran pasir kasar, semen, dan air. Material-material ini dicetak padat dengan metode press memakai alat press khusus. Beberapa pengrajin batako juga sering kali menggunakan bahan tambahan seperti batu tras, batubara, atau kapur. Dalam pendirian bangunan, batako biasanya dimanfaatkan sebagai material pembentuk dinding dan lantai. Batako ialah material alternatif dari batu bata maupun bata ringan (hebel). Kelebihan utamanya yaitu memiliki harga yang cukup terjangkau dan dimensinya pun lebih besar daripada bata merah. Bukan tidak mungkin model batako yang dibuat oleh pengrajin yang satu berbeda dengan yang lainnya. Selama produk batako yang dihasilkan ini tidak mengurangi kekuatan dinding serta bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Kali ini Arafuru akan berbagi panduan membuat batako secara manual dengan sistem press. Dengan mau tahu dan ikut membantu semua kegiatan warga, tentunya ini bisa menambah ilmu dan pengalaman. Harapannya apa yang sudah dilakukan bisa membantu. Juga kebersamaan antara praja dengan warga dalam setiap kegiatan sangat penting. hal tersebut harus terus dipupuk dan ditingkatkan.