Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

PENYALURAN BLT DANA DESA TAHAP II BULAN APRIL MEI JUNI DESA CIBOGOGIRANG

BLT-DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Besaran dana yang diberikan adalah Rp 900.000 yang dibagikan per tiga bulan bagi 96 KPM yang telah ditetapkan dan sudah memenuhi kriteria. Adapun kriteria penerima BLT-DD tahun 2023 adalah sebagai berikut. Calon penerima BLT-Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata. 1.Mengalami kehilangan mata pencaharian 2.Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/atau difabel 3.Tidak mendapatkan bantuan sosial program keluarga harapan; 4.Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, atau penyandang disabilitas Jumat, 8 September 2023 Pemerintah Desa Cibogogirang menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Perhelatan tersebut diselenggarakan di kantor desa cibogogirang Sekitar kurang lebih 96 orang perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara bertahap hadir di kantor desa Cibogogirang Prosesi penyerahan tak berlangsung lama, karena sebelumnya aparat pemerintah desa cibogogirang telah menyampaikan semua persiapan dokumen yang harus dibawa oleh masyarakat sebagai syarat untuk menerima bantuan. Satu per satu masyarakat dipanggil sesuai urutan untuk menerima bantuan sekaligus berfoto sebagai bukti penyerahan yang akan menjadi bahan pertanggung jawaban pemerintah desa. Pemerintah desa Cibogogirang telah melakukan upaya maksimal dalam proses pendataan agar bantuan ini tepat sasaran, dan benar-benar menyentuh lapisan masyarakat paling bawah. Namun begitu Kepala Desa cibogogirang juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa, BLT-DD adalah bantuan yang anggarannya bersumber dari pos anggaran Dana Desa (DD) Desa Cibogogirang yang dialokasikan ulang dari kegiatan-kegiatan infrastruktur yang telah disepakati untuk ditunda pengerjaannya.  Sekira pukul 15.00 sore, kegiatan pembagian BLT-DD selesai dengan kondusif. Pemerintah Desa Masiku Berharap agar bantuan ini dapat memberi manfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat selama menghadapi masa pandemi yang berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat

Berita Terbaru!! Praja IPDN Membantu Ronsen TBC Di Desa Cibogogirang

Pemerintah Kecamatan Plered Melaksanakan Pemeriksaan TBC secara gratis bertempat di Aula Desa Cibogogirang. Pada kegiatan tersebut hanya mendapatkan kuota sebesar 100 orang. Ada banyak kalangan usia yang turut ikut menjadi bagian dalam kegiatan ini. Kegiatan tersebut diawali dengan pengisian administrasi, kemudian warga dapat menunggu panggilan. Sebelum pemeriksa hasil ronsen TBC, warga terlebih dahulu membuang dahak/air liur. Air liur tersebut diserahkan kepada petugas untuk diperiksa apakah menginap TBC/tidak. Jika terjangkit, maka dapat pula diketahui apakah TBC yang diderita adalah TBC ringan/berat. Warga dapat melihat hasil ronsen dengan menunggu selama 10 menit. Dalam kegiatan tersebut, Praja IPDN menjadi panitia. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih Praja IPDN ketika nantinya turun ke masyarakat di daerah masing masing.  Pemeriksaan TBC ini dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 09 September 2023. Praja IPDN sangat antusias dalam melayani masyarakat. Harapannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin setiap bulan/setiap tahun. 

7 Praja IPDN di Desa Cibogogirang Tingkatkan Branding Produk UMKM Kerupuk RO Melalui Aplikasi Webdesaku

Praja IPDN melaksanakan kegiatan Bhakti Karya Praja DidesaCibogogirang kecamatan plrede purwakarta, Dalam kegiatan ini praja melalui aplikasi Webdesaku membantu meningkatkan perekonomian masyarakat purwakarta, Khususnya Desa Cibogogirang. Tujuan kegiatan bhakti karya praja ini untuk memberikan gambaran bahwa era digitalisasi dapat dimanfaatkan sebagai pangsa pasar baru serta memudahkan akses antara penjual dan calon pembeli. Praja berharap, para pelaku usaha di desa cibogogirang yang sebagian besar belum merealisasikan usahanya ke media elektronik dikarenakan belum memahami proses dan cara mengaktualisasikan media digital dapat diterapkan secara masif dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, agenda ini merupakan wadah bagi pelaku UMKM untuk mengenal lebih jauh mengenai cara melakukan branding produk, terutama warga di Cibogogirang yang dikenal sebagai penghasil kerupuk RO.  hal utama upaya peningkatan penjualan hasil produksi adalah memberikan sebuah nilai yang baik pada kualitas, merek, serta kemasan sebelum produk di pasarkan kepada masyarakat luas. Peningkatan pada elemen-elemen tersebut menjadi branding yang baik terhadap produk. Sehingga,  upaya untuk meningkatkan penjualan dan ekonomi dapat terealisasikan. pemasaran lewat aplikasi daring merupakan langkah tepat, lebih efisien, dan berdampak besar untuk membangun identitas produk. Di mana, penggunaan beragam sosial media dapat memudahkan produsen untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang dimiliki. Senada dengan itu, branding produk perlu memperhatikan kualitas produk, penyesuaian harga, lokasi penjualan, dan strategi pemasaran. Pemilihan logo, slogan, dan kemasan telah verifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menjadi salah satu kekuatan branding yang menandakan produk siap dan layak di pasarkan ke ranah luas. Adapun cara meningkatkan kapasitas pelaku usaha, agar dilakukan mentoring, inkubasi, dan akses relasi pangsa pasar yang tepat. Hal ini sesuai dengan karakterkistik dari masyarakat Cibogogirang, Ngampilan yang kebanyakan adalah pelaku usaha UMKM sehingga perlu adanya integralistik pada proses peningkatan kualitas serta branding UMKM. Para praja berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan para pelaku UMKM, khususnya di desa cibogogirang dalam memperluas pasaran produknya. “Kesadaran akan pentingnya branding produk jadi target utama dalam pelatihan ini.

Wah !! Ternayata Ada Embung Untuk Kesejahteraan Petani Padi di Cibogogirang lohhh

Para petani di Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered, Kabupaten, Purwakarta, Jawa Barat merasakan manfaat embung (tempat penampung air) yang ada di wilayah mereka. Pembangunan embung pada 2021 bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) itu diklaim dapat mengairi sawah seluas sekitar 25 hektar lebih. “Karena tidak hanya persawahan di Desa Cibogogirang saja, luar desa itu juga memang merasakan manfaat keberadaan embung itu,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Pertanian, pada Dinas Pangan dan Pertanian, Kabupaten Purwakarta, Erlan Diansyah, Sabtu 16 Juli 2022. Ia mengatakan, embung di Desa Cibogogirang diperkirakan seluas 60 kali 120 meter persegi itu dapat menampung air dengan jumlah banyak. Embung itu dapat dimanfaatkan ketika ketersediaan air baku di sekitar desa itu mulai berkurang. Terutama pada musim kemarau para petani di sekitar desa itu tidak khawatir kekurangan air untuk mengairi sawah mereka. “Seperti kita ketahui bersama embung di sektor pertanian sangat bermanfaat bagi para petani,” kata Erlan. Ia menjelaskan bahwa pada prinsipnya embung itu untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait. “Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika, hingga pengairan area sawah para petani,” ujar Erlan menegaskan. Sementara itu, salah satu Kelompok Tani Saluyu di Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered Purwakarta, Tata mengaku telah merasakan manfaat keberadaan embung untuk mengaliri area persawahan, baik kelompok tani yang ia pimpin maupun bagi petani yang tergabung di kelompok tani lain. “Jadi air kita tampung dulu di embung itu, ketika area sawah ada yang kekurangan air kita suplai air yang ada di embung itu,” ujar dia. Diketahui, kelompok tani mendapat bantuan dalam sektor pertanian mengajukan permohonam bantuan yang ditujukan kepada pemerintah. Proposal itu kemudian diserahkan ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan untuk diinfut melalui aplikasi. Ketika bantuan itu terealisasi biaya pembangunan masuk ke rekening kelompok tani. Dinas terkait dalam hal ini Dinas Pangan dan Pertanian mengawasi selama pengerjaan berlangsung. 

7 Praja IPDN Siap Membangun Masa Depan yang Terdigitalisasi melalui Aplikasi Desaku Cibogogirang

Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat terpilih menjadi tempat pelaksanaan Bhakti Karya Praja (BKP) satuan Praja Utama IPDN angkatan XXXI tahun 2023.  Kegiatan BKP ini merupakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin dilaksanakan oleh IPDN. Untuk kali ini, praja utama IPDN akan melaksanakan BKP selama 14 hari yakni terhitung sejak tanggal 5 hingga 18 September 2023 di 138 desa pada 13 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Selama kegiatan Bhakti Karya Praja ini para satuan Praja Utama akan membantu berbagai program pemerintah Kabupaten Purwakarta khususnya dalam mengembangkan aplikasi WEBDESAKU milik pemerintah Kabupaten Purwakarta yang salah satunya adalah membantu memberdayakan UMKM setempat. Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan, untuk kegiatan BKP tahun ini praja yang mengikuti sebanyak 1.090 orang yang terdiri atas 727 orang praja putra dan 363 orang praja putri yang dibagi di 130 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Desa Cibogogirang terpilih menjadi salah satu desa yang akan menjadi lokasi Bhakti Karya Praja. Kedatangan 7 Praja IPDN, disambut langsung oleh Kepala Desa beserta perangkat desa, terdiri dari Sekdes, Kaur, Kasi dan Kepala Dusun. Dari ketujuh praja tersebut terdapat Praja Utama Putra sebanyak 4 orang dan Praja Utama Putri sebanyak 3 orang yaitu PU Ikhsan Maulana Arief, PU. Pahmi Sya'ban, PU. Pekky Yigibalom, PU. Dika Mulya Abanzi, PU. Annisa Nevi, PU. Yenni Mawwadah, PU. Atikah Adelia Sayyidah Penyambutan dilakukan di Aula Kantor Desa Cibogogirang Kabupaten Purwakarta.